PALEMBANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito, menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank Sumsel Babel tahun 2024 di Palembang, Jumat (6/12/2024).
Dalam sambutannya Sugito menyampaikan apresiasi atas terlaksananya RUPS Luar Biasa Bank Sumsel Babel tahun 2024, sebagai tindak lanjut dari RUPS Luar Biasa yang dilaksanakan pada 14 November 2024 yang lalu.
Menurutnya, ini menunjukkan komitmen semua pihak, termasuk para pemegang saham untuk memastikan bahwa Bank Sumsel Babel ini dapat tumbuh dan berkembang lebih hebat lagi, memperbaiki apa yang kurang baik, mempertahankan yang sudah baik serta menetapkan langkah-langkah progresif ke depan.
Dalam kesempatan ini dirinya atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga atas nama pemkab/pemkot serta masyarakat Serumpun Sebalai menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Dewan Direksi dan Komisaris Bank Sumsel Babel beserta seluruh jajaran, atas apa yang telah dilakukan selama ini, setidaknya di tahun 2024 ini
“Terimakasih atas komitmen duduk dan bekerja sama pemerintah daerah, mencetak laba, sehingga ada peningkatan dividen atas penyertaan modal, memberikan pelayanan administrasi, penatausahaan keuangan, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah untuk tetap menggeliat menuju ke tren yang meningkat sehingga ekonomi kita tidak terpuruk,” ujarnya.
Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Bank Sumsel Babel untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik dan digitalisasi yang sudah menjadi tuntutan zaman.
“Pelayanan hendaknya selalu terdepan, dengan konsep digitalisasi untuk layanan yang lebih mudah dan cepat. Bank Sumsel Babel harus mengikuti perkembangan layanan kekinian, contoh untuk SIPD dan KKPD, yang betul-betul terkoneksi dengan baik, pemanfaatan aplikasi digital perbankan terkait belanja daerah melalui CMS BSD, terutama untuk pembayaran pajak, yang harus sudah direalisasikan,” katanya.
“Opsen PKB dan BBNKB segera diberlakukan di Januari 2025, bantu dan support seluruh pemerintah daerah, sehingga proses dapat berjalan sebagaimana mestinya,” tegasnya.
Selain itu dikatakannya, hal penting lain yaitu seluruh rangkaian perencanaan dan pelaksanaan program kerja Bank Sumsel Babel, harus didasari dengan target yang optimis, terukur dan dengan perhitungan yang cermat.
Target yang telah ditetapkan harus diimbangi dengan langkah-langkah pencapaian yang maksimal, ide-ide yang kreatif manajemen yang modern, kekompakan, semangat kerja, kolaborasi, serta kerja tim yang solid sehingga target dapat diraih.
Selanjutnya ia juga menekankan bahwa konsen bank Sumsel Babel adalah terkait dengan pelayanan yang mudah dan cepat.
“Hal ini jangan lagi menjadi pekerjaan rumah kita, kami selalu memperoleh laporan kekecewaan warga dan nasabah terkait hal ini. Mengapa hal kecil seperti mesin ATM yang sering rusak dan kosong uangnya, terus saja terjadi. Ini adalah hal remeh yang harus segera dituntaskan,” kata Sugito.
“Tolong support digitalisasi pelayanan Samsat Mandiri, melalui transaksi non tunai atau mekanisme elektronik transaction seperti agen banking, mobile phone banking, car banking, internet banking, Qris/barcode typing, case management system atau CMS dan transaksi elektronik lainnya,” imbaunya.
“Saat ini tidak zamannya lagi layanan yang manual, layanan yang sering tatap muka sekarang serba digital, serba cepat dan mudah,” tambahnya lagi.
Dalam kesempatan ini Sugito juga mendorong Bank Sumsel Babel untuk segera memikirkan dan menetapkan peningkatan rate bunga jasa giro dan deposito, sebagai bagian dari komitmen untuk berbagi.
Ke depan bank Sumsel Babel, sudah harus masuk dan menjadi bagian dalam upaya peningkatan ekonomi daerah. Saat ini adalah momen yang baik ketika pertumbuhan ekonomi kita di daerah sedang tidak baik-baik saja.
“Ambil peran yang dinamis dan konstruktif bantu masyarakat dan UMKM kita, tingkatkan kur serta CSR sehingga keberadaan bank Sumsel Babel dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)
Sumber: Dinas Kominfo