HEADLINERAGAM

Usulan Pasang Traffic Ligh Ditanggapi Dishub Basel

×

Usulan Pasang Traffic Ligh Ditanggapi Dishub Basel

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Setelah mendapat saran dari Polres Bangka Selatan dan warga, akhirnya Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan akan memasang traffic light atau alat pemberi isyarat lalu lintas di kawasan perindustrian, tepatnya Simpang Lima Toboali.

“Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan menyambut positif atas saran dari Polres untuk pemasangan traffic light di Simpang Lima Toboali. Langkah pertama yang akan dilakukan yaitu melakukan survey terlebih dulu,” ujar Kadishub Bangka Selatan, M. Zamroni kepada media ini, Kamis (13/7/23).

Diungkapkan mantan Kadiskominfo Bangka Selatan ini, data diperoleh dari survey secara langsung berupa data geometrik jalan dan volume lalu lintas. Sedangkan data populasi penduduk diperoleh dari BPS . Analisa dilakukan terhadap derajat kejenuhan dan tundaan.

‘Lalu kita akan mengatakan rapat serta penghitungan anggaran dengan pihak Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan,  untuk menentukan penganggarannya pada tahun 2024 yang akan datang,” jelasnya.

Dishub Bangka Selatan juga berencana melakukan koordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga serta pihak kepolisian, untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pemasangan lampu lalu lintas di Simpang Lima Toboali.

“Selain itu, kita juga menyarankan kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk selalu berhati – hati dan mengutamakan keselamatan berlalu lintas dalam berkendaraan,” tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan diminta untuk memasang lampu lampu lalu lintas atau traffic light di Simpang Lima Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Pasalnya, akibat tidak adanya lampu lalu lintas maupun polisi tidur mengakibatkan daerah itu rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas, terutama kendaraan roda dua sore dan pada malam hari.

“Memang bagusnya dipasang traffic light karena di daerah itu sudah padat, apalagi saat hari libur. Nanti kita bersama – sama dari Lantas Polres Basel maupun dari Dishub melakukan analisa,” ujar Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka. 

Menurut perwira melati dua ini, pemasangan traffic light tidak bisa sembarangan dilakukan. Diperlukan beberapa uji coba serta perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Itu juga yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintahan, khususnya Dinas Perhubungan. 

“Hanya saja, demi keselamatan seharusnya tidak boleh asal coba-coba, sebaiknya dikaji dengan teliti. Dalam hal keselamatan, lampu lalu lintas itu perlu dipasang pada suatu simpang,” jelas Toni. (Suf)

READ  Ramaikan Bumi Perkemahan Titian Puspa