HEADLINEPEMERINTAHAN

Upacara Hardiknas di Bangka Barat, Bong Ming Ming Sampaikan Amanat Mendikbudristek

×

Upacara Hardiknas di Bangka Barat, Bong Ming Ming Sampaikan Amanat Mendikbudristek

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggelar upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) 2023, di Lapangan Atletik Kompleks Perkantoran Terpadu di Muntok, Selasa ( 2/5/2023 ) pagi.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming didapuk sebagai Pembina Upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim yang isinya antara lain menyinggung makna dibalik peringatan Hardiknas serta peran penting para pendidik atau guru.

Selain itu Nadiem Makarim menyatakan anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan, sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Di samping itu, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Tenaga pendidik yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Oleh karena itu, Hardiknas tahun ini diharapkan menjadi semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Wabup Bong Ming Ming juga menaruh harapan besar kepada para pelajar di Bangka Barat, yang hadir dalam upacara di Lapangan Atletik.

“Calon-calon pemimpin Kabupaten Bangka Barat, calon-calon harapan masa depan masyarakat Bangka Barat ke depan, hitam putihnya Bangka Barat ke depan adalah tergantung anak-anak di depan,” jelasnya.

Menurut Bong Ming Ming, selain belajar ilmu eksakta dan pengetahuan lainnya, para pelajar harus mampu mendidik diri sendiri serta pentingnya menerapkan sikap disiplin.

“Mendidik diri kita sendiri, tidak hanya belajar eksakta, tidak hanya belajar ilmu pengetahuan, tetapi disiplin, bagaimana anda-anda yang di depan saya mau menjadi pemimpin-pemimpin masa depan kalau tidak mulai dari diri sendiri,” cetus Bong Ming Ming.

Turut hadir dalam acara ini antara lain, Sekda Bangka Barat Muhammad Soleh, Ketua DPRD Marudur Saragih serta Wakapolres Kompol Andri Eko Setiawan. ( SK )

READ  Momen HKSN, Sukirman Serahkan Bantuan kepada Masyarakat