HEADLINEPEMPROV BABEL

TMMD ke – 116 Babar Resmi Dibuka, Bupati Ungkap Alasan Desa Air Bulin Dipilih Jadi Sasaran

×

TMMD ke – 116 Babar Resmi Dibuka, Bupati Ungkap Alasan Desa Air Bulin Dipilih Jadi Sasaran

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Bupati Bangka Barat H. Sukirman secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke – 116 dalam upacara yang digelar di Lapangan Sepakbola Desa Air Bulin, Kecamatan Kelapa, Rabu ( 10/5/2023 ).

Acara pembukaan dihadiri Danrem 045 Garuda Jaya Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo, Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Deri Indrawan, Ketua DPRD Marudur Saragih, Plt Kepala Dinas PUPR Novianto, Kepala Desa Air Bulin Alhadi serta tamu undangan lainnya.

Menurut Sukirman, pada TMMD ke – 116 yang dimotori Korem 045 Garuda Jaya bersama Kodim 0431/BB ini, Pemda Bangka Barat mengucurkan anggaran sekitar satu miliar lebih dari APBD, tapi 30 persennya juga dibantu pihak TNI.

Dipilihnya Desa Air Bulin menurut Sukirman, sesuai reses yang dilakukan DPRD serta usulan dari masyarakat, maka ditetapkanlah sasaran TMMD kali ini membuka jalan sepanjang 2,5 kilometer dari Desa Air Bulin ke Desa Tebing.

“Kita bersama – sama Forkopimda kita membuat suatu program sesuai usulan dari masyarakat melalui reses DPRD
Dan hari ini Desa Bulin dan Desa Tebing mendapat pembukaan jalan baru untuk memperlancar usaha pertaniannya sepanjang 2,5 kilometer, ada gorong – gorong dan jembatannya juga,” ucapnya.

Menurut Bupati, untuk sementara jalan yang dibuka lengkap dengan gorong serta jembatannya ini ditargetkan agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Namun untuk proses selanjutnya akan dilakukan secara bertahap.

“Tergantung lagi kalau APBD kita sudah menguat kita lanjutkan dengan pengaspalan. Pesan kita, ini kita tidak bisa melakukan sendiri – sendiri tapi harus bersama – sama. Mudah – mudahan kekompakan ini terus terjaga dan semua yang dilakukan TNI menjadi amal ibadah,” kata Sukirman.

Di kesempatan yang sama, Danrem 045 Garuda Jaya Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo mengatakan, pembukaan akses jalan juga melibatkan alat berat agar pengerjaannya tidak memakan waktu lama, mengingat terbatasnya waktu.

“Karena kalau masyarakat akan memakan waktu yang lama, TMMD kan waktunya terbatas, jadi dibantu dengan alat berat. Tetapi tetap kita kita TNI manunggal dengan rakyat bersama – sama berkerja di lapangan. Ini akan dikerjakan sampai tanggal 8 Juni, semuanya baik kegiatan fisik maupun non fisik,” terang Danrem.

Senada dengan Bupati, Agustinus mengatakan dipilihnya Desa Bulin sebagai sasaran TMMD sudah melalui tahapan diskusi dan proses lainnya.

“Itu tentunya sudah melalui proses, tentunya dari sekian sasaran yang dilaporkan dengan tahapan diskusi sehingga ditunjuk lah sasaran ini yang kita pilih. Tujuannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Usai acara pembukaan, Bupati, Danrem, Ketua DPRD serta hadirin lainnya membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat. ( SK )

READ  Tambang Ilegal di Tembelok, Sudah Bosan Diimbau Tapi Masih Nekad Menambang