HEADLINERAGAM

Sambut Porprov, Tim Sepakbola Babar Baru Kumpul – Kumpul

×

Sambut Porprov, Tim Sepakbola Babar Baru Kumpul – Kumpul

Sebarkan artikel ini
Pelatih tim sepakbola Bangka Barat, Lapril AS di Sekretariat KONI, Jum'at ( 5/5/2023 ).

BANGKA BARAT — Tim sepakbola Bangka Barat untuk Porprov VI Provinsi Bangka Belitung hingga saat ini belum melakukan persiapan berarti. Bahkan di sisa waktu kurang lebih dua bulan lagi,
tim asuhan pelatih Lapril AS baru sekedar kumpul – kumpul dan latihan bersama.

Penyebabnya, anggaran untuk Training Center ( TC ) baru akan dikucurkan KONI Bangka Barat pada 17 Juni 2023 mendatang.

Karena itu sang pelatih Lapril AS belum bisa menilai kemajuan perkembangan tim yang digadang – gadang bisa mempertahankan medali emasnya pada Porprov VI di Bangka Barat Agustus 2023 mendatang.

“Belum bisa kita nilai karena belum ada TC baik itu TC berjalan maupun TC terpusat. Sementara TC terpusat kan itu baru dianggarkan KONI tanggal 17 Juni 2023, jadi untuk sementara ini yang penting kita ada kumpul-kumpul lah di luar anggaran KONI,” jelas Lapril AS saat ditemui di Sekretariat KONI Bangka Barat, di Muntok, Jum’at ( 5/5/2023 ).

Tujuan kumpul – kumpul dua minggu sekali kata Lapril agar anak asuhnya merasa ada kepastian bermain bagi tim Bangka Barat dan tidak tergoda bergabung ke daerah lain.

Alasan kumpul – kumpul dan latihan bersama hanya dua minggu sekali, lagi – lagi menurut dia karena terbentur anggaran, apalagi domisili beberapa anak asuhnya terbilang jauh dari berbagai daerah di luar Muntok.

“Jadi karena kita masih menunggu di bulan Juni itu jadi kita ambil inisiatif untuk ngumpulin anak-anak. Yang penting mereka adalah latihan bersama walaupun hanya dua minggu sekali,” kata Lapril.

Menurut dia tim sepakbola Bangka Barat akan menjalani TC full efektif selama dua bulan, dari 17 Juni hingga ke hari pertandingan di bulan Agustus 2023. Menyoal apakah dengan persiapan yang singkat hasilnya akan sesuai harapan, Lapril mengatakan hal itu rencananya akan ia paparkan di hadapan pengurus KONI.

“Makanya perlu ada pemaparan sore ini biar ada evaluasi dan ada pencerahan juga untuk kita semua. Kalau kita pengen main bener kayak begini lho, tapi kalau kita mainnya bisa-bisa kita, ya sudah seperti ini,” ucapnya.

Tapi sejauh ini ia memahami kondisi yang ada, karena segala sesuatunya tentu membutuhkan anggaran. Sedangkan sepakbola memang anggarannya tidak sedikit.

Padahal menurut Lapril, idealnya untuk membentuk tim sepakbola yang bagus harus melalui tahapan – tahapan selama empat bulan.

“Kalau sesuai disiplin ilmu itu kan ada persiapan khusus, ada general preparation, spesifik preparation, kemudian ada persiapan pre- kompetition atau pra kompetisi, baru selanjutnya kompetisinya, seperti ini,” jelas Lapril.

Apakah dengan persiapan hanya dua bulan tim Bangka Barat mampu mempertahankan medali emas? dia mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin menggembleng para pemain.

Sejauh ini Lapril menilai tim dari kabupaten/kota di Bangka Belitung usia 20 tahun rata – rata seimbang, kendati ia tidak menampik tidak ada lawan yang ringan.

“Semua tim kuat apalagi untuk usia kelahiran 2003 ini. Saya rasa kekuatannya berimbang seluruh kabupaten itu rata-rata anak-anaknya sama,” tutupnya. ( SK )

READ  Final Tinju Porprov VI, Dedi Menjelma Menjadi Bintang