HEADLINE

Riza Sebut Pencapaian Kabupaten Basel di Usianya ke – 20

×

Riza Sebut Pencapaian Kabupaten Basel di Usianya ke – 20

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Kabupaten Bangka Selatan merupakan karunia yang luar biasa yang dianugerahkan Tuhan dengan segala potensinya.

Potensi kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia juga merupakan kekayaan yang sungguh luar biasa seperti khazanah budaya, semangat dan karakter yang positif.

Hal ini ditegaskan Bupati Basel Riza Herdavid saat upacara peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Basel, Jum’at (27/1/2023) di pelataran Kantor Sekretariat Daerah Parit Tiga Toboali.

Upacara tersebut mengusung tema ‘Bangka Selatan Semakin Mempesona’ diikuti para peserta dari berbagai unsur.

“Karunia dari Tuhan dengan segala potensinya menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menjadikan Bangka Selatan semakin mempesona sebagai tema peringatan hari jadi ke-20 pada tahun 2023 ini,” kata Riza, sapaan akrabnya.

Tema tersebut, lanjut Riza, setidaknya memberikan rasa bangga sekaligus motivasi kepada semua pihak untuk bersama-sama memberikan karya terbaik untuk mewujudkan Kabupaten Basel yang maju dan lebih sejahtera lagi ke depannya.

Selain itu, sejalan dengan semangat optimisme pembangunan, berbagai parameter pencapaian pembangunan menunjukkan mampu bergerak lebih cepat, dengan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM meningkat drastis, angka kemiskinan yang jauh lebih baik dan tingkat pengangguran juga terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

“Semua pencapaian tentu saja tidak terlepas dari upaya-upaya penuntasan program strategis daerah yang dilakukan secara konsisten. Dari mulai program berobat gratis yang sudah mencapai 96 persen, bantuan seragam dan perlengkapan sekolah, bantuan bibit sawit dan pupuk ke sekitar 33 desa, bantuan usaha ke pelaku UKM yang tercatat sudah lebih dari 500 pelaku UKM, dan kita juga terus berinovasi agar program-program pemerintah menjadi lebih tepat sasaran guna mempercepat upaya mewujudkan kemajuan daerah,” jelas Riza.

Riza menambahkan, pencapaian tersebut tidak menjadikan Pemkab Basel untuk berpuas diri, melainkan harus terus berupaya agar pembangunan di masa mendatang semakin mengalami percepatan. Karena itu, dalam melaksanakan program pembangunan yang berkelanjutan harus dilakukan secara kolaboratif dan bertahap.

“Alhamdulillah upaya ini tidak sia-sia. Dengan ditandai bahwa transfer keuangan dari pemerintah pusat ke Pemkab Bangka Selatan pada tahun 2023 meningkat sangat drastis. Dana alokasi khusus yang sebelumnya hanya berkisar 200 miliar rupiah, saat ini naik drastis menjadi lebih dari 280 miliar rupiah. Bahkan APBD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2023 mencetak rekor sejarah lebih dari 1 triliun rupiah,” ujarnya menegaskan semangat peringatan Hari Jadi ke-20 merupakan momentum yang tepat untuk memberikan karya terbaik bagi daerah.

Usai upacara tersebut dilanjutkan dengan pemberian tali asih dari KORPRI untuk ASN yang sedang sakit, penghargaan untuk mahasiswa berprestasi, penyerahan cinderamata kepada ahli waris anggota presidium Kabupaten Basel, santunan dari KONI kepada veteran pelaku olahraga, santunan kematian BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan buku warisan budaya tak benda dan penyerahan santunan kepada para guru. ( Tom )

READ  Warga Temukan Sesosok Mayat Ruko Desa Air Gantang