HEADLINEPEMPROV BABEL

Rayakan Hari Ibu, IAD Babel Gelar Lomba Pakaian Adat Daerah

×

Rayakan Hari Ibu, IAD Babel Gelar Lomba Pakaian Adat Daerah

Sebarkan artikel ini

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar lomba menyanyi dan pakaian adat daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Puri Ansell, Sungailiat, Jumat (23/12/2022), dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ibu, dibuka oleh Ketua IAD Provinsi Babel, Tiurmaida Harli Siregar dihadiri para anggota IAD serta perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka.

 

“Saya sangat bersyukur karena kita bisa berkumpul disini dalam lomba menyanyi dan pakaian adat daerah yang bertujuan melestarikan adat dan budaya kita. Lomba nusantara ini merupakan salah satu program IAD wilayah Babel yang memperkenalkan budaya yang ada di Babel.” ujar Ketua IAD Tiurmaida Harli Siregar.

Dijelaskannya, bahwa pakaian adat daerah yang dikenakannya tersebut adalah pakaian Batak Toba. Filosofi dari ikat kepalanya yaitu ‘Sortali’ yang artinya kemanapun perempuan melangkah harus menjaga kehormatan.

Selain itu, lanjutnya, agar lebih menjaga etika, tata krama dan kesopanan.

“Pakaian yang saya gunakan ini namanya Ulos Batak. Pada zaman dahulu manusia belum ada istilah pakaian modern seperti kita sekarang. Pakaian dulu itu di tenun yang dipakai hanya dililit. Filosofinya pada zaman dulu itu adalah melambangkan kehangatan, melindungi dari cuaca panas dan dingin yang digunakan saat berinteraksi sosial,” ujarnya.

 

Menurutnya kegiatan pakaian adat nusantara ini selain memperkenalkan pakaian daerah, juga sekaligus dapat meningkatkan silaturahmi antar anggota IAD di Negeri Serumpun Sebalai. Mengingat pada kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan memperagakan pakaian adat daerah yang berbeda-beda. Meliputi ada yang dari Jambi, Melayu, Dayak, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Toraja, Jawa dan Babel.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba menyanyi dan adat daerah. Pemenang pakaian adat daerah juga diminta berjalan di atas panggung. Setelah semua pemenang lomba fashion show dibacakan dilanjutkan dengan rangkaian acara wisata tour.

READ  Presiden Minta Fokus Pada 2 Hal Ini

Sumber: Dinas Kominfo