HEADLINERAGAM

Ratusan Masyarakat Desa Pongok Meriahkan Pawai Obor 1 Muharram 1445 H

×

Ratusan Masyarakat Desa Pongok Meriahkan Pawai Obor 1 Muharram 1445 H

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Ratusan masyarakat Desa Pongok, Kecamatan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, tumpah ruah memeriahan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1445 H / 2023 M.

Peringatan itu difokuskan di kediaman rumah Kepala Desa, Adung Taufik Hidayat dengan acara pawai obor, sholawat dan doa bersama, Selasa (17/7/23) malam.

“Perayaan 1 Muharam ini start perjalanan dimulai dari rumah saya, dilanjutkan berpawai obor hingga keliling Desa Pongok sampai finish kembali ke rumah saya lagi,” kata Adung kepada media ini.

Acara diikuti oleh berbagai kalangan. Selain masyarakat umum, para pelajar, serta anak-anak Desa Pongok pun juga antusias mengikutinya. Adung juga berikan apresiasi kepada seluruh warga dalam mensukseskan penyelenggaraan menyambut tahun baru Islam.

“Peringatan 1 Muharram tahun ini ini diharapkan bisa memperdalam keimanan dan ketakwaan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala,” ujarnya.

Kegiatan pawai obor selain sebagai budaya dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam dan juga pada menyambut Isra Miraj, lanjut Adung, juga dilakukan sebagai bentuk kebahagian masyarakat dapat bersilaturahmi.

“Mari kita sama-sama berniat dan membulatkan tekad untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat di tahun yang lalu dan mudah-mudahan di tahun ini lebih baik, dapat berguna bagi diri sendiri dan masyarakat khususnya,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Jailani warga masyarakat Desa Pongok mengatakan dia sekeluarga sangat senang bisa mengikuti pawai obor dan berkeliling bersama warga lainnya.

“Setiap peringatan 1 Muharram dan Isra Miraj, kami bersama warga yang ada di sini rutin mengadakan pawai obor, meski pawai ini berjalan kaki, saya tidak merasakan capek, justru kami sangat senang dan saya anggap ini sebagai olahraga,” ujarnya. (Suf)

READ  Toni Mukti Minta Pelaku UMKM Terus Berinovasi