HEADLINE

Rakorlinsek Bangka Barat Atur Strategi

15
×

Rakorlinsek Bangka Barat Atur Strategi

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Bupati Bangka Barat bersama General Manager Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakorlinsek) dalam rangka persiapan pengamanan angkutan Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, bertempat di ruang rapat ASDP, Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kamis (15/12/22).

“Sebentar lagi akan libur nataru dan dipastikan akan terjadi peningkatan kunjungan, baik yang akan melaksanakan liburan ataupun yang ingin melaksanakan mudik,” ujar Bupati Bangka Barat, Sukirman, dalam sambutannya.

Sukirman menegaskan bahwa masing-masing pihak perlu menyusun langkah-langkah dalam mengatasi lonjakan pengunjung, baik dari sisi pemerintah, maupun seluruh stakeholder.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Barat akan mempersiapkan segala sesuatunya dan saya juga minta dari Tim dari DPUPR, Dinas Kesehatan, DKUP, serta semua yang terkait sarana dan prasarana bagi para penumpang dalam menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang yang mana saat ini telah diberlakukan e-ticket dalam hal pembayaran tiket,” tegas pria tiga anak tersebut.

Dengan dibukanya acara Rakorlinsek dalam membahas persiapan Nataru ini, diharapkan pemerintah dapat memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat bekerja sebaik mungkin, sesuai dengan standar yang berlaku.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bangka Barat, Marudur Saragih mengatakan, “kita tadi telah mendengar sedikit paparan, telah disampaikan oleh General Manager, Christopher Samosir, terkait hal-hal apa saja yang sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi pada tahun sebelumnya. Menjadi evaluasi kita untuk menjaga, supaya kejadian tersebut dapat kita antisipasi,” ucapnya.

Marudur berharap dengan adanya rapat koordinasi ini, maka peraturan-peraturan yang telah disepakati dapat diimplementasikan, dengan harapan semua pihak dapat bekerja sama, dan berkolaborasi, sehingga program dan kegiatan dalam menyambut Nataru dapat berjalan dengan lancar.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Catur Prasetyo menyampaikan bahwa tujuan rapat ini adalah untuk dapat memastikan beberapa langkah yang dapat diimplementasikan pada wilayah Bangka Barat terkait kesiapan dalam operasi menyambut libur Nataru. Termasuk diantaranya adalah persiapan dan kesiapan dalam menghadapi lonjakan arus mudik.

“Kira-kira persiapan nantinya seperti apa, serta pelaksanaan ketersediaan cadangan BBM dari Nataru, serta penumpukan penumpang, sekaligus akan ada rekayasa-rekayasa lalu lintas, apabila terjadi penumpukan kendaraan akan kita antisipasikan,” tegas AKBP Catur Prasetyo.

Rakorlinsek ini turut dihadiri oleh Perwakilan Dandim 0431/Bangka Barat, Perwakilan Kejaksaan Negeri Mentok, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bangka Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka Barat, Kepala Kantor Pengadilan Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan Cabang Mentok, Satuan Polisi Pamong Praja Bangka Barat, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. (*)


Sumber: Dinas Kominfo