HEADLINEPEMERINTAHAN

PT Timah Kerja Sama dengan ATR/BPN

×

PT Timah Kerja Sama dengan ATR/BPN

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto melaksanakan serangkaian kegiatan dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis ( 9/11/2023).

Mengawali kegiatan ia
menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PT Timah Tbk dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, serta menyerahkan sertifikat aset BMD dan rumah
ibadah di Kantor Pusat PT Timah Tbk, Kota Pangkalpinang.

Hadi Tjahjanto menuturkan, perjanjian kerja sama tersebut, lantaran banyaknya kawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk yang tumpang tindih dengan lahan Hak Guna Usaha (HGU) serta lahan pemanfaatan masyarakat.

“Jadi, agar tidak terjadi permasalahan dan untuk memberikan kepastian hukum, maka sekarang ini PT Timah bekerja sama dengan ATR/BPN,” ujar Hadi Tjahjanto

Hadi mengatakan, sertifikasi dan pemanfaatan lahan pra tambang dan pasca tambang bertujuan menjaga kawasan IUP PT Timah Tbk dari hal-hal yang tidak dapat dikendalikan pada kemudian hari, serta terhadap lahan yang telah dilakukan kegiatan penambangan dan peruntukannya belum jelas dapat dikelola kembali oleh negara.

“Saya minta tanah yang telah diselesaikan oleh PT Timah segera untuk dibuat HGU, kalau belum ada sertifikat, segera langsung disertfikatkan,” tegasnya.

Sertifikasi aset merupakan salah satu instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta seluruh Kementerian/Lembaga (K/L), TNI, Polri, BUMN dan Pemda untuk menertibkan administrasi tata kelola serta menjaga aset -aset yang dimilikinya. 

Hadir mendampingi Menteri ATR/BPN dalam kunjungan kerja ini, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, I Made Daging
beserta jajaran Kantor Pertanahan.

Turut hadir, Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataadmaja, Direktur Utama PT Timah, Ahmad Dani Virsa, dan Wali Kota
Pangkalpinang, Maulan Aklil.

Menutup kunjungan kerjanya, Menteri ATR/BPN juga beramah – tamah di Rumah Dinas Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu bersama Forkopimda. ( Dion )

READ  Pertamina Dukung Langkah Pemprov Babel Atasi Inflasi