HEADLINE

Proyek Lapak Pasar Terminal Toboali Rp 2,8 M Rampung

×

Proyek Lapak Pasar Terminal Toboali Rp 2,8 M Rampung

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Proyek pembangunan 70 unit lapak baru untuk para pedagang berjualan di pelataran parkir pasar Terminal Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah selesai dikerjakan. Proyek tersebut menelan anggaran senilai Rp2.820.000.000,00.

Anggaran proyek tersebut bersumber dari anggaran Tugas Pembantuan (TP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022, Kementerian Perdagangan (Kemendag), dikerjakan oleh CV.Kenanga Melati.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Toni Pratama, Selasa (27/12).

Toni menjelaskan, kegiatan proyek tersebut saat sedang masih dalam proses pengerjaan beberapa waktu lalu, diawasinya secara langsung bersama Tim Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan.

“Proyek ini sejak dari awal pengerjaan sampai dengan selesai pengerjaannya diawasi langsung oleh tim PPS Kejari Bangka Selatan,” ujar Toni.

Toni berharap pada awal tahun 2023, lapak yang baru selesai dibangun di pelataran parkir pasar terminal tersebut sudah bisa ditempati oleh para pedagang untuk berjualan.

“Secepatnya ya, mudah – mudahan awal tahun nanti (2023) sudah bisa ditempati pedagang untuk menjual produk dagangannya. Pastinya, pedagang yang menempati lapak baru itu kita utamakan terlebih dulu bagi pedagang yang lama atau yang sudah berjualan lebih dulu di kawasan pasar tersebut,” kata Toni.

Diberitakan sebelumnya, kabar gembira khusus bagi para pedagang yang berjualan di pelataran parkir Terminal Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung.

Dalam waktu dekat bakal tersedia 70 unit lapak baru untuk pedagang di pelataran parkir Terminal Toboali.

Anggaran pembangunan 70 unit lapak baru ini bersumber dari anggaran Tugas Pembantuan (TP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022 Kementerian Perdagangan (Kemendag) senilai Rp 2.820.000.000,00.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan Toni Pratama menjelaskan, pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat pelataran parkir terminal masih dalam proses lelang di Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UPBJ) Pemkab setempat.

“Kita prioritaskan pedagang yang lama untuk menempati bangunan 70 unit lapak baru di pelataran parkir Terminal Toboali. Untuk pedagang yang baru masuk dan pedagang lainnya tetap kita fasilitasi, mengingat setiap tahunnya jumlah pedagang mengalami peningkatan sehingga ini harus kita proyeksikan,” kata Toni kepada wartawan, Jum’at (24/6/2022).

Toni menambahkan, anggaran pembangunan 70 unit lapak di pelataran parkir Terminal Toboali, bersumber dari anggaran TP (Tugas Pembantuan) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tahun 2022 sebesar Rp 2,8 miliar.

“Saat ini masih dalam proses lelang, belum ada pemenangnya. Anggaran pembangunannya itu dari anggaran pusat (APBN_red) Rp 2,8 miliar,” ujar Toni. ( Tom )

READ  Pj Gubernur Hadiri Rakor Netralitas ASN di Kemendagri