BANGKA SELATANHEADLINE

Program Fasilitas Air Bersih, Kodim 0431/BB Sasar Desa Air Putih

×

Program Fasilitas Air Bersih, Kodim 0431/BB Sasar Desa Air Putih

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023 secara virtual, serentak di seluruh Indonesia, Selasa ( 25/7/2023 ).

Kodim 0431/ Bangka Barat di bawah komando Dandim Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval menggelar acara tersebut di Desa Air Putih, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Desa ini menjadi target yang dibidik Kodim untuk program fasilitas air besih.

Turut hadir Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, unsur Forkopimda lainnya, Kepala Desa Air Putih dan masyarakat setempat.

Dandim Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengatakan, fasilitas air bersih merupakan program andalan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai bukti nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dan TNI tidak mungkin berhenti dan berdiam diri saat rakyat atau masyarakat membutuhkan fasilitas buat kesejahteraannya. Kami akan terus melaksanakan kegiatan kegiatan positif demi pembangunan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan program air bersih ini akan terus kami lakukan,” kata Nauval.

Dandim menambahkan program ini adalah pekerjaan khusus perintah dari Kasad untuk memberikan bantuan fasilitas air bersih ke warga.

“Yang diberikan itu ada penampung air bersih, kita berikan mesin pompa air, pipa dan kita perbaiki sumurnya. Air ini didistribusikan ke Poskesdes, PAUD dan warga setempat,” terang Dandim.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming meminta masyarakat setempat untuk menjaga dan merawat fasilitas air bersih yang sudah ada agar tetap bisa terus dimanfaatkan.

“Kita ini kan sering membangun tetapi kelemahan kita adalah tidak bisa menjaga fasilitas yang sudah dibangun. Harapannya, ini kan sudah dilakukan pembangunan oleh Kodim, kita ingin masyarakat bisa menjaga agar tetap memiliki nilai manfaat bagi masyarakat,” kata Bong Ming Ming.

Darwin (49) salah seorang warga setempat mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Menurut dia dengan adanya fasilitas ini mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

“Untuk masyarakat Air Putih ini sangat positif dan bermanfaat bagi kami, dengan potensi alam seperti ini sangat membantu. Kalau kekeringan kita sebenarnya tidak juga, cuma karena ada fasilitas ini mempermudah masyarakat untuk memperoleh air bersih,” ucap Darwin. ( SK )

READ  Lahan Pertanian Bukit Terak akan Dimaksimalkan