HEADLINE

PPS Pekerjaan yang Sangat Mulia

×

PPS Pekerjaan yang Sangat Mulia

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Bertugas sebagai penyelenggara Pemilu bagian dari pekerjaan yang sangat mulia. Karena itu, junjung tinggi integritas sebagai penyelenggara yang bermartabat dan berintegritas.

Hal ini diutarakan Asisten Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhson saat menghadiri prosesi pelantikan dan pengukuhan 159 anggota Panitia Pemungutan Suara untuk Pemilu 2024, Selasa (24/1/2023) di Gedung Serba Guna Parit Tiga Toboali.

Muhson mengingatkan 159 anggota PPS yang dilantik Komisi Pemilihan Umum Basel, agar dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat desa dan kelurahan, dengan hati nurani yang ikhlas.

“Laksanakan tugas dengan hati nurani yang ikhlas. Karena ikhlas kunci utama. Jadi bekerjalah semaksimal mungkin sesuai aturan yang telah ditetapkan. Junjung tinggi integritas sebagai penyelenggara pemilu,” cetus Muhson.

Menurutnya, anggota PPS yang dilantik dan dikukuhkan KPU merupakan orang-orang pilihan yang diamanahkan untuk melaksanakan demokrasi, khususnya di Kabupaten Bangka Selatan. Karena itu, tanamkan niat dan junjung tinggi integritas agar daerah Basel mendapat penilaian yang terbaik dari pemerintah pusat.

“Harus kita tunjukan bahwa demokrasi, Pemilu di Bangka Selatan sukses dilaksanakan. Sukses pemilihannya dan sukses penyelenggaraannya. Karena itu, sebisa mungkin dalam melaksanakan tugas untuk saling berkoordinasi antar sesama penyelenggara dan maupun ke Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil), terkait jumlah penduduk yang masuk dalam daftar pemilih, administrasi dan lain sebagainya guna menghindari perselisihan ataupun permasalahan terkait data pilih,” ujar Muhson.

Muhson menambahkan, segala potensi yang bakal terjadi pada Pemilu 2024 harus segera dipetakan sedini mungkin. Mengingat Pemilu 2024 menguras tenaga dan pikiran para penyelenggara.

“Pemilu 2024 dilaksanakan dua kali, pertama pada bulan Februari dan terakhir bulan November, khususnya Pemilukada bupati, walikota dan gubernur. Ini potensinya sangat luar biasa. Tenaga dan pikiran penyelenggara terkuras. Karena itu, siapkan mental, fisik dan kesehatan jangan sampai kejadian Pemilu 2019 terulang kembali, banyak PPS yang meninggal dunia karena lelah,” tutur Muhson. ( Tom )

READ  DPC PPP Babar Tidak Ragu Bidik 5 Kursi