HEADLINEKAMTIBMAS

Polres Bangka Barat Telah Siapkan Skema Pengamanan Porprov VI

×

Polres Bangka Barat Telah Siapkan Skema Pengamanan Porprov VI

Sebarkan artikel ini
Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mako Polres, Kamis ( 10/8 ).

BANGKA BARAT — Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah mengungkapkan kesiapan pengamanan event Pekan Olahraga Provinsi VI Bangka Belitung tahun 2023.

Beberapa waktu lalu Polres Bangka Barat sudah melakukan persiapan – persiapan antara lain gelar sarana dan prasarana, melakukan rapat internal, kemudan rapat dengan lintas sektoral dengan mengundang seluruh stakeholder terkait dari TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan dan dinas – dinas lainnya.

“Untuk gelaran pasukan sendiri kita juga dibantu dari Brimob untuk sterilisasi. Kemudian kita juga nanti dibantu dari Polres – Polres pendukung, karena ada beberapa lokasi pertandingan cabang olahraga berada di luar Bangka Barat,” ungkap Ade Zamrah di Mapolres Bangka Barat, Kamis (10/8) kemarin.

Lanjut Ade Zamrah, untuk personel sudah dipersiapkan sebanyak 420 orang, yang melibatkan Polsek – Polsek. Nantinya personel – personel itu akan dibagi untuk melaksanakan pengamanan di lokasi – lokasi pertandingan cabang olahraga dan di tempat – tenpat penginapan atlet.

Ade Zamrah membeberkan, potensi – potensi kerawanan juga sudah dilakukan mapping. Antara lain kemungkinan adanya gesekan antar kontingen, kemudian laka lantas, kemungkinan adanya pencurian dan sebagainya di lokasi – lokasi penginapan.

“Ini kita antisipasi dengan menempatkan personil selama 24 jam di lokasi – lokasi tersebut,” ujar dia.

Khsusus untuk kegiatan pembukaan, kemudian pertandingan olahraga yang melibatkan masyarakat banyak, Polres Bangka Barat dalam waktu dekat akan melaksanakan Tactical Floor Game ( TFG ). Yaitu bagaimana personel membuat jalur escape manakala ada kejadian – kejadian yang sifatnya kontinjensi.

“Kita tidak mengharapkan adanya tawuran, kerusuhan – kerusuhan yang sifatnya kontak fisik dan sebagainya, tapi kita tetap antisipasi. Itu salah satu kerawanan yang harus kita waspadai,” imbuh dia.

Titik – titik rawan laka lantas juga sudah dilakukan mapping. Karena pada saat hari perhelatan tersebut, tentunya jumlah kendaraan dan masyarakat yang datang dari berbagai kabupaten akan menjadi potensi rawan kecelakaan.

Ade Zamrah mengatakan, potensi kerawanan laka lantas itu harus diantisipasi dengan penempatan personel di lokasi – lokasi rawan tersebut.

Kemudian untuk saran prasarana, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemda dan ikut memantau.

“Alhamdulillah, sejauh ini progresnya diadakan percepatan – percepatan di beberapa lokasi. Mudah – mudahan nanti tidak menjadi hambatan,” harap dia,

Disinggung soal cabang olahraga yang rawan terjadinya konflik, Ade Zamrah menuturkan hal itu juga sudah dibahas dalam rakor lintas sektoral.

“Salah satu cabang olahraga yang dinilai nanti akan ada potensi gangguannya di sepakbola. Nanti kita akan turunkan personil yang lebih banyak di lokasi – lokasi seperti itu, di cabang – cabang olahraga lain sih tidak ada yang terlalu dikhawatirkan, ya? Hanya sepakbola saja,” tutur dia.

Ade Zamrah mengimbau kepada masyarakat untuk bersama – sama memeriahkan Porprov di Bangka Barat ini dan sama – sama menjaga ketertiban, ketentraman dan kenyamanan, sehingga semua rangkaian kegiatan bisa berjalan dengan lancar.

“Jadilah tuan rumah yang baik, kita menghindari adanya bentrok dan konflik – konflik yang dapat merugikan kita semua,” demikian Ade Zamrah. (Romlan)

READ  Pemadaman Bergilir Pengaruhi Operasional Perumdam Bangka Barat