HEADLINEKAMTIBMAS

Polda Babel Gelar Rapat Persiapan Operasi Ketupat Menumbing, Ini Hasilnya

×

Polda Babel Gelar Rapat Persiapan Operasi Ketupat Menumbing, Ini Hasilnya

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi lintas sektoral terkait kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing Tahun 2023, di Gedung Tribrata Polda Babel, Kamis (13/4/2023).

Kapolda Provinsi Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan operasi tersebut akan dimulai dari tanggal 18 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2023.

“Jadi hasil rapat koordinasi hari ini dapat disimpulkan bahwa secara umum semuanya sudah siap. Terutama areal-areal yang kita prediksi akan terjadi kemacetan. Kita tau sendiri pandemi COVID-19 sudah landai,” kata Yan.

Menurutnya, pasca pandemi kegiatan masyarakat mudik maupun balik pada tahun ini pasti mengalami peningkatan, bahkan bisa jadi terjadi lonjakan.

“Paparan beberapa instansi terkait, kelihatannya akan terjadi peningkatan oleh karena itu kita sudah antisipasi dengan membentuk 33 pos baik pos pelayanan, Pam, dan pos terpadu di seluruh wilayah Bangka Belitung,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memberikan atensi khusus di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Pasalnya pelabuhan tersebut menjadi sorotan pusat untuk pemantauan.

“Yang terutama menjadi sorotan adalah di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Dan itu juga merupakan sorotan dari pusat salah satu pemasuk pemantauan. Terkait dengan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia karena itu tadi sudah dari ASDP maupun dinas perhubungan sudah menyampaikan kesiapannya,” jelasnya.

Masih kata Yan Sultra, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengecekan langsung ke Pelabuhan Muntok.

“Nanti kita akan cek H-2 atau 3 ke sana ada penambahan bufferzone yang sudah disiapkan dari kapasitas yang sudah kita lihat tadi ada kira-kira 500 kendaraan siap menampung dan fasilitas lainnya,” tutupnya. ( Dika )

READ  Pemprov Babel Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Kemendagri Tahun 2023