HEADLINEHUKRIM

Modus Jual Madu Keliling, 2 Pria Ini Garong Handphone

×

Modus Jual Madu Keliling, 2 Pria Ini Garong Handphone

Sebarkan artikel ini
Dua pria asal Palembang pelaku pencurian handphone dengan modus jual madu diamankan anggota Polsek Mentok. Foto: Humas Polres Bangka Barat.

BANGKA BARAT — Dengan modus menjual madu keliling, dua pria asal Palembang, Sumatera Selatan, MU ( 19 ) dan AN ( 26 ) “nyambi ” menggasak handphone di rumah warga yang mereka lewati.

Dua orang ini melakukan pencurian di dua TKP, pertama di Kampung Menjelang, Kelurahan Menjelang dan aksi kedua di Dusun Pait Jaya, Desa Belo Laut, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

“Dia memang berjualan madu keliling tapi dia ngambil HP saat ada kesempatan,” ujar Kapolsek Mentok AKP Baskara Githea Erlangga via telepon, Sabtu ( 27/5/23 ).

Menurut Baskara, keduanya mengontrak rumah di Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung. Aksi pencurian pertama MU dan AN di Kampung Menjelang berjalan mulus, tapi saat mengambil HP di Dusun Pait Jaya, mereka kepergok warga.

“Pertama mereka mencuri di Menjelang, kedua di Pait Jaya tapi kepergok warga. Sekarang mereka sudah ditahan di Polres untuk penyidikan lebih lanjut,” Baskara.

Menurut Kapolsek, pencurian pertama dilakukan dua pria itu pada Selasa ( 16/5 ) di Kampung Menjelang, Kelurahan Menjelang.

Pelapor dalam kasus ini adalah Karmelia ( 46 ), seorang ibu rumah tangga warga Menjelang. Handphone wanita ini disikat maling saat dia sedang mencuci piring.

Karmelia memperhatikan pintu belakang dan pintu samping rumahnya dalam keadaan terbuka. Setelah selesai mencuci piring dan masuk ke dalam rumah, dia menyadari satu unit handphone merk Tecno Go warna hitam dan satu unit handphone merk Redmi 10 warna biru telah hilang dari meja makan dapur.

Selanjutnya pada Kamis ( 25/5 ), Polsek Mentok menerima informasi kasus pencurian yang dilakukan MU dan AN di Dusun Pait Jaya. Mereka berhasil diamankan warga dan selanjutnya di jemput anggota Polsek Mentok.

“Mereka diamankan warga dan anggota kita saat melakukan pencurian di rumah Siti Aisyah, warga Pait Jaya. Modusnya ya menjual madu itu,” kata Baskara.

Beberapa barang bukti berhasil diamankan polisi, antara lain 1 unit handphone Infinix Hot 12 Play warna biru muda, disita dari MU, 1 unit
handphone merk Redmi 10 warna biru disita dari AN.

“Selain itu kita menemukan juga 1 HP merk Tecno warna biru dongker yang merupakan salah satu barang hilang dari rumah korban. Jadi BB ini 1 dari TKP di Pait dan 2 dari Menjelang. Awalnya kan mereka mencuri di Menjelang, seminggu kemudian di Pait dan kepergok warga,” terang Baskara. ( SK )

READ  Catur Prasetiyo Resmi Tinggalkan Polres Bangka Barat Digantikan Ade Zamrah