HEADLINE

Lapas di Basel akan Dibangun Secara Bertahap

×

Lapas di Basel akan Dibangun Secara Bertahap

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menyambut baik kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto bersama rombongannya ke Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (5/1/2023).

Kunjungan kerja ini, dalam rangka membahas beberapa hal di antaranya terkait rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan, harmonisasi rancangan peraturan daerah dan rancangan peraturan kepala daerah.

Karena itu, dengan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhson dan Kepala BPN Basel Agung, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Babel Harun Sulianto bersama rombongannya meninjau lokasi pembangunan Lapas di Desa Bikang, Kecamatan Toboali.

“Tujuan utama kami berkunjung ke Pemkab Bangka Selatan ini untuk bersilaturahmi, karena saya baru beberapa hari menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Babel,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto.

Selain itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Basel atas pemberian lahan hibah berikut dengan sertifikatnya untuk pembangunan Lapas.

“Tugas-tugas Kanwil Kemenkumham di Kabupaten Bangka Selatan ini meliputi harmonisasi rancangan peraturan daerah yang selama ini sudah berlangsung dan kita intensifkan, harmonisasi rancangan peraturan kepala daerah, memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual seperti nanas bikang, terasi, tradisi-tradisi, ekspresi, budaya tradisional dan lain sebagainya,” jelas Harun.

Terkait dengan rencana pembangunan Lapas, lanjutnya, sedang dalam proses dan semoga segera dibangun secara bertahap. Mengingat anggaran untuk pembangunan tersebut memerlukan anggaran yang besar dari pusat.

“Untuk pembangunan lapas sekarang sedang dalam proses, harus bertahap tidak bisa satu tahun jadi karena pembangunan lapas ini memerlukan anggaran yang besar. Dana pembangunan ini dari pusat, begitu sertifikat kita terima kita akan langsung proses. Mudah – mudahan segera kita bangun secara bertahap,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Kakanwil Kemenkumham Babel ke Negeri Beribu Pesona.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan silaturahmi Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto bersama rombongan,” kata Bunda Debby, sapaan akrabnya Wabup Basel.

Dijelaskannya, selain silaturahmi tujuan Kakanwil Kemenkumham Babel berkunjung adalah untuk meninjau progres pembangunan Lapas di Desa Bikang.

“Meninjau bagaimana progres untuk pembangunan Lapas, dan kami juga membahas beberapa hal terkait rancangan peraturan daerah yang harus di harmonisasi dan juga membahas kekayaan intelektual yang harus didaftarkan,” tutur Debby. ( Tom )

READ  Aplikasi Srikandi dan TTE di Basel Bisa Menghemat Anggaran