HEADLINEPEMPROV BABEL

Lantik Kadis PUPR, Wabup Sebut ASN Hadir untuk Mengabdi

×

Lantik Kadis PUPR, Wabup Sebut ASN Hadir untuk Mengabdi

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming saat melantik Novianto sebagai Kepala Dinas PUPR di Graha Aparatur, Rabu ( 26/7 ).

BANGKA BARAT — Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming melantik Novianto sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat di Kecamatan Mentok, Rabu ( 26/7/2023 ).

Sebelumnya Novianto merupakan Pelaksana Tugas ( Plt ) Kepala Dinas PUPR dan menjabat Sekretaris Dinas di OPD yang sama.

Dalam arahannya Wakil Bupati Bangka Barat menegaskan kepada Novianto dan semua kepala OPD yang sudah dilantik, bahwa kehadiran mereka di Pemda Bangka Barat sebagai ASN adalah untuk pengabdian.

“Karena kata kalau kita ingin jadi orang kaya tentu kita tidak mengambil ASN sebagai pilihannya, pasti pilihannya pengusaha,” ujar Wabup BMM dalam sambutannya.

Menurut BMM, ketika seseorang sudah menetapkan pilihannya menjadi ASN, berarti dia sudah memberikan atau mewakafkan kehidupannya untuk negara, termasuk bupati dan wakil bupati yang juga abdi negara.

“Bahwa sebagian hidup kita ini minimal delapan jam dari kehidupan kita ini adalah untuk negara. Pastikan setiap jam dari delapan jam itu punya nilai untuk negara ini. Punya nilai buat masyarakat kita yang ada di Kabupaten Bangka Barat ini. Setiap gerak langkah yang kita lakukan, itu semua punya nilai buat masyarakat kita,” cetusnya.

Oleh sebab itu BMM minta setiap jabatan yang dimiliki harus bertujuan untuk memberi bantuan, meringankan beban serta mensejahterakan masyarakat.

“Pemerintah harus hadir di setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Dan yang harus kita pahami jabatan yang kita emban pada hari ini itu tidak hanya dipertanggungjawabkan di dunia, tapi akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Subhanahu Wa ta’ala suatu hari nanti,” ujarnya.

Menurut dia menjadi seorang pemimpin sebenarnya tidak sulit, modalnya hanya telunjuk dan tinggal tunjuk sana sini memberi perintah. Namun seorang pemimpin harus harus memiliki otak yang cerdas. Bila tidak, maka hasil dari perintah atau kebijakannya akan berbeda.

“Makanya ini berlaku untuk semuanya sewaktu menjadi pemimpin dia harus punya otak yang cerdas, tubuh yang kuat seperti seorang tentara tapi di hati lembut seperti seorang sufi,” kata BMM.

“Jadi sewaktu memutuskan suatu perkara tanya dulu hati nurani kita, kalau kata Nabi hati kecil. Benar atau tidak? bagaimana kira-kira kalau kita melakukan ini? kalau sudah pas dan betul-betul itu untuk kepentingan masyarakat untuk kepentingan negara ini, baru pikirkan bagaimana caranya,” cetus dia.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Novianto usai dilantik merasa bersyukur dan berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik – baiknya dalam rangka peningkatan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat.

“Alhamdulillah hari ini saya dilantik semoga saya bisa menjalankan visi dan misi bapak bupati dan wakil bupati dalam rangka peningkatan pembangunan sesuai basic saya sebagai OPD teknis,” ujar Novianto.

Acara pelantikan dihadiri Kapolres AKBP Ade Zamrah, Kajari Wawan Kustiawan, Dandim 0431/BB Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval, Kepala BKPSDM Bangka Barat Antoni Pasaribu serta segenap Kepala OPD. ( SK )

READ  Kalaju Kampung Tanjung Bangka Barat Sedang Diperjuangkan di KKP