HEADLINEPEMPROV BABEL

KSP Moeldoko Kunjungi Air Jangkang Hadiri Tanam Sagu

×

KSP Moeldoko Kunjungi Air Jangkang Hadiri Tanam Sagu

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyambut langsung kedatangan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko di Terminal VIP Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Selasa (8/8/2023 ). 

KSP Moeldoko dan rombongan tiba di Bandara Depati Amir sekitar pukul 10.00 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Usai istirahat sejenak di ruang VIP Bandara Depati Amir, KSP Moeldoko bersama Pj. Gubernur dan rombongan langsung bertolak menuju Kampoeng Reklamasi Air Jangkang, Kecamatan Merawang untuk menghadiri acara penanaman sagu sekaligus penandatanganan deklarasi bersama “Sago for Suistanable Food and Wet Land Reforestation Supporting Indonesia Net Zero 2060”.

Sebagai informasi, acara tersebut itu memecahkan rekor MURI dalam hal penanaman sagu serentak terbanyak di dunia.

Menurut KSP Moeldoko, pemerintah mendorong percepatan pengembangan ekosistem sagu. Pasalnya komoditas ini mampu menjamin stabilitas pangan nasional dalam menghadapi krisis pangan global.

“Intinya kita concern terhadap sagu sebagai salah satu ekosistem pangan alternatif. Kenapa? karena sagu memiliki banyak nutrisi untuk membantu menurunkan angka stunting,” ucap Moeldoko.

Selain itu dia mengatakan, sagu memiliki banyak manfaat seperti fungsi lingkungan dan bersifat sustainable atau pangan yang berkelanjutan.

Ditambah lagi sagu juga cocok untuk ditanam di Kepulauan Babel, karena bisa dikembangkan secara masif di lahan eks tambang sehingga memberikan peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat.

Hal senada juga diutarakan Pj. Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu. Dia menyambut baik kehadiran KSP Moeldoko di Bumi Serumpun Sebalai.

“Dengan kehadiran Pak Moeldoko, ini menjadi bukti pemerintah selalu hadir dalam mengupayakan kesediaan pangan di pelosok tanah air,” ujarnya. ( Red )


Sumber: Diskominfo Pemprov Babel.

READ  Pemprov Babel Jajaki Kerja Sama dengan Jerman