HEADLINERAGAM

Kirab Api Porprov VI Diawali dari Desa Dendang

×

Kirab Api Porprov VI Diawali dari Desa Dendang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Bangka Barat Rukiman, di OR I, Setda Bangka Barat, Jum'at ( 3/3/2023 ).

BANGKA BARAT — Tradisi kirab api sebagai prosesi awal pada setiap event olahraga juga akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat, sebagai tuan rumah Porprov VI Bangka Belitung.

Kirab api Porprov VI di Kabupaten Bangka Barat rencananya akan dimulai dari Dusun Juru, Desa Dendang, Kecamatan Kelapa.

Dari tempat itu lah obor Porprov akan
dinyalakan dengan sumber api alam tanggal 19 Agustus 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Bangka Barat Rukiman mengatakan, selanjutnya api tersebut akan diarak secara estafet di lima kecamatan di Bangka Barat menuju Stadion di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok, tempat opening ceremony Porprov VI akan berlangsung.

Namun sebelum opening ceremony pada 22 Agustus 2023, api Porprov akan dibawa ke Rumah Dinas Bupati Bangka Barat tanggal 21 Agustus dan akan diinapkan di sana selama satu malam.

“Diambilnya tanggal 19 Agustus dari Dusun Juru dikelilingkan di lima kecamatan, nanti tanggal 21 Agustus di Rumah Dinas Bupati di Muntok. Besoknya tanggal 22 Agustus baru lah dibawa ke Stadion dan akan dinyalakan di sana. Api itu akan menyala terus tidak akan padam selama Porprov berlangsung,” terang Rukiman usai rapat Kirab Api Porprov VI di OR I, Setda Pemkab Bangka Barat, Jum’at ( 3/3/2023 ).

Menurut Rukiman, rute yang akan ditempuh arak – arakan kirab api yakni, dari Dusun Juru, Desa Dendang Kecamatan Kelapa, obor Porprov akan dibawa ke Tempilang, kemudian masuk ke Parittiga dan Jebus. Selanjutnya api tersebut akan melewati Kecamatan Simpang Teritip ke tempat tujuannya, Muntok.

Obor itu nantinya akan dibawa atlet Bangka Barat yang telah mengukir prestasi di level nasional atau internasional. Tapi Rukiman belum dapat menyebutkan nama atlet yang akan ditunjuk.

“Rencananya yang akan membawakan dan menyulut api ini orang – orang yang mempunyai prestasi baik itu tingkat nasional maupun internasional, khusus untuk orang Bangka Barat. Tapi belum ada nama, masih dipikirkan masih dimintakan pendapat dari panitia,” katanya.

Kirab api akan melibatkan para tokoh olahraga, atlet serta masyarakat. Rukiman berharap acara tersebut akan menjadi tontonan yang meriah dengan harapan bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama pelaku UMKM di Bangka Barat.

“Pokoknya nanti dilakukan estafet ( di lima kecamatan) sehingga nanti bisa menjadi euforia tontonan bagi masyarakat bahwa Bangka Barat ini ada Porprov, dan ini nanti akan jadi satu tontonan kemeriahan bagi masyarakat dan akan berimbas kepada peningkatan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Namun menurut dia, skema kirab api ini masih bisa berubah karena baru rencana awal. Pihaknya masih akan lebih menyempurnakannya bila ada masukan – masukan yang positif. ( SK )

READ  Begini Kritik Ade Zamrah pada Rakor Penanganan Banjir Pemda Bangka Barat