HEADLINEPEMPROV BABEL

Ketua TP PKK Babel Minta Perkuat Peran Kader

×

Ketua TP PKK Babel Minta Perkuat Peran Kader

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan Elizia Riza Herdavid mengunjungi Posyandu Bias Desa Bukit Terap, Selasa (5/9/2023).

“Syukurnya di Posyandu ini sudah tidak ada lagi ibu hami KEK (Kurang Energi Kronis). Tapi tadi ada ibu hamil dan kita lihat sendiri peran kader, Puskesmas. Kemudian kita melihat respon ibu hamil terhadap program yang disampaikan. Ternyata ibu hamil di sini rajin melaksanakan pemeriksaan bidan desa,” ungkap Pj Ketua TP PKK Maya Suganda.

Melihat hal ini, dia menilai kinerja kader bagus. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pengawasan bumil berjalan dengan baik. Data dari Dasawisma sesuai dengan keadaan di lapangan. Antar kader dan stakeholder saling bekerja sama, mengupgrade pengetahuan melalui pembinaan dari kecamatan sehingga dapat mengajarkan ibu di antaranya membuat menu sederhana, penting imunisasi, hamil sehat dan mengajarkan remaja putri tidak menikah dini.

“Kita harap kondisi ini mudah-mudahan tetap terjaga. Kalau kita biarkan ibu KEK ini, kemungkinan anaknya yang dilahirkan tidak normal. Kalau ini terjadi lebih susah lagi untuk memulihkannya, makanya kita cegah dari awal,” tambahnya.

Untuk itu, diperlukan pula peran kepala desa, tokoh masyarakat dan alim ulama untuk berkontribusi mengajak anak dan ibu semakin rajin ke Posyandu agar dapat mengawasi kondisi kesehatan dan perkembangan diri. ( Red )


Sumber: Diskominfo Pemprov Babel.

READ  Bekas Gudang Beras Dijadikan Pusat Kreatif Seniman Basel