HEADLINE

Kalaju Kampung Tanjung Bangka Barat Sedang Diperjuangkan di KKP

×

Kalaju Kampung Tanjung Bangka Barat Sedang Diperjuangkan di KKP

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming bersama Plh Sekda dan Kepala Dinas Perkimhub serta DKP mengunjungi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta, Kamis ( 3/2/2023 ).

Kunjungan Wabup ke KKP untuk kali kedua ini guna membahas perkembangan program Kampung Nelayan Maju (Kalaju).

Menurut Bong Ming Ming Kampung Nelayan Maju rencananya akan dibangun di Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok. Saat ini Pemda sedang memperjuangkan itu di KKP.

“Kita sedang berjuang, kita lihat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memang sudah ada program Kalaju atau Kampung Nelayan ini. Di sini kita sedang menyinkronkan keinginan Kabupaten Bangka Barat dengan program Kalaju Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Bong Ming Ming di Gedung Mina Bahari II Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis, (2/2/2023).

Kalaju menurut Bong Ming Ming bertujuan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat yang menggantungkan nafkahnya sebagai nelayan.

“Kami berharap Insya Allah apa yang kita perjuangkan untuk kepentingan masyarakat kita ini punya nilai dan manfaat,” cetus Wabup.

Di lain pihak Ketua Pokja Kelembagaan dan Perlindungan Nelayan, Lili Widodo mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap ( DJPT ) memiliki beberapa program prioritas, diantaranya, Kalaju dan Asuransi Nelayan (Asnel).

“Memang betul yang disampaikan Pak Wabup, bahwasanya memang sejalan dengan program yang ada di kami yaitu, ada penangkapan ikan terukur serta pengembangan kampung nelayan maju,” sebutnya.

Lili menilai proposal yang diajukan Kabupaten Bangka Barat masuk kriteria layak. Karena itu ia akan berupaya untuk segera merealisasikan program Kalaju di Negeri Sejiran Setason.

“Tadi rombongan dari Bangka Barat sudah menyampaikan terkait proposalnya, kita lihat memang sudah masuk dalam kriteria kita, demikian kami akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa merealisasikan apa dicita-citakan oleh Wabup dan kawan-kawan untuk masyarakat nelayan yang ada di sana,” ucapnya.

“Kami akan mendorong atau mengupayakan baik itu menggunakan dana APBN, kemudian juga akan mendorong melalui dana DAK terkait kampung nelayan maju,” sambung Lili.

Dikatakan Lili ia juga akan melakukan koordinasi antar kementerian, lembaga negara maupun stakeholder lainnya seperti swasta, BUMN dan sebagainya, untuk mengembangkan kawasan Kalaju khususnya di Bangka Barat. ( Red )

Sumber: Diskominfo Bangka Barat.

READ  Adet Mastur Ingin RKUD Pemprov Babel Tetap di BRI