HEADLINEPEDESAAN

Kades Teluk Limau dan Masyarakat Gelar Pesta Adat Rebu Kasan

×

Kades Teluk Limau dan Masyarakat Gelar Pesta Adat Rebu Kasan

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Kepala Desa Teluk Limau bersama masyarakat gelar acara adat Rebo Kasan di Pantai Siangau, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Rabu ( 13/09/2023 ).

Acara diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga selesai, di antaranya tari kreasi SDN 19, aktraksi Barongsai, tari kreasi ibu – ibu, tari kreasi SMPN 02 serta hiburan musik.

Jemaun selaku Kepala Desa Teluk Limau mengatakan, Rebu Kasan merupakan tradisi masyarakat Teluk Limau dan Bangka yang sudah lama berkembang dan turun – temurun dari para leluhur sejak dahulu.

Acara yang rutin digelar setiap tahun oleh masyarakat Desa Teluk Limau tersebut bertujuan sebagai penolak musibah atau tolak balak.

Rabu Kasan adalah Rabu yang terakhir di bulan Safar sebelum memasuki bulan Maulid.

“Di hari ini, Rabu terakhir bulan Safar, adalah awal jatuh sakit Nabi Muhammad SAW selama 12 hari berturut – turut dan di hari ke-12, Senin Maulid beliau Nabi Muhammad SAW wafat,” kata Jemaun.

“Dihari itu pula (Rabu pungkasan) Allah SWT menurunkan ke dunia sebanyak 360.000 macam bala atau musibah, baik kecil atau besar. Maka dari Itu para ulama menyarankan untuk doa bersama dan bersedekah, karena di antara kekuatan dan keutamaan sedekah yaitu mampu menolak bala atau musibah,” tutur Jemaun.

Selain itu dia Juga menyampaikan bahwa budaya dan tradisi yang berkembang di masyarakat dapat menjadi potensi wisata bagi daerah tersebut. Terlebih lagi wilayah Desa Teluk Limau punya wisata pantai yang menarik.

“Daerah kita ini memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Selain potensi alam dan pantainya yang indah, juga memiliki ragam budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik,” ujarnya.

“Mudah – mudahan kegiatan ini bukan hanya sekedar momentum semata, melainkan memiliki tujuan untuk memperkuat ukhuwwah islamiyah antara kita,” ungkapnya.

Hadir dalam acara Pesta Adat Rebu Kasan tersebut, Sekcam Parittiga Herlina mewakili Camat, para Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, pemuda, agama dan masyarakat Desa Teluk Limau. ( Roki )

READ  Ini Rencana Pemkab Babar Untuk Terminal Kelapa