HEADLINEOLAHRAGA

Jelang Porprov VI, Atlet Bangka Barat Jalani Pemeriksaan Kesehatan

×

Jelang Porprov VI, Atlet Bangka Barat Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Pemeriksaan kesehatan atlet Porprov VI Bangka Barat di Kantor KONI, Rabu ( 2/8/2023 ).

BANGKA BARAT — Seluruh atlet berikut pelatih dan official kontingen Porprov VI Bangka Barat berjumlah 384 orang menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor KONI Bangka Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mentok, Rabu ( 2/8/2023 ).

Pemeriksaan kesehatan para atlet tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 2 – 3 Agustus di Kantor KONI Bangka Barat.

Subkor Yankes Rujukan dan Fasyankes Dinas Kesehatan Bangka Barat Linda Yunita Hasibuan mengatakan, tenaga kesehatan yang terlibat pada kegiatan ini terbagi menjadi dua tim dari Puskesmas Mentok, Dinkes, RSUD Sejiran Setason dan Rumah Sakit Bakti Timah Mentok.

“Untuk hari ini kita tim dari Puskesmas Mentok dan Dinkes, untuk besok itu dari RSUD dan RSBT. Kalau hari ini dari tim Dinkes-nya ada 8 orang, dari Puskesmas Mentok itu ada 6 orang jadi totalnya 14 orang. Untuk besok kita turunkan personil sekitar 11 orang,” jelas Linda di Kantor KONI.

Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular, mengukur tinggi dan berat badan, suhu tubuh dan pemeriksaan gula darah.

“Tapi tidak semua, hanya kita arahkan kalau ada keluhan kemudian ada pemberian obat-obatan juga,”imbuhnya.

Menurut dia dari hasil pemeriksaan, pada umumnya kesehatan para atlet masih baik, hanya ditemukan masalah tensi darah rendah dan kurang istirahat. Pihak nakes memberikan obat – obatan dan suntikan vitamin untuk persiapan para atlet menghadapi laga di Porprov nanti.

Linda memberikan sedikit saran kepada para atlet. Sebagai tuan rumah, tentu Bangka Barat harus memberikan yang terbaik. Karena itu punggawa olahraga Bumi Sejiran Setason harus selalu menjaga kesehatan agar siap seratus persen menghadapi pertandingan nanti.

“Kemudian jangan lupa istirahat, makan yang bergizi, jangan makan yang sembarangan, jaga kondisi tubuh semuanya apalagi nanti pada saat menjelang pertandingan agar tidak ada masalah dan bisa berjuang untuk kita Bangka Barat,” tutup Linda.

Ketua KONI Bangka Barat H. Muhammad Amin yang ikut hadir bersama jajaran menambahkan, para atlet menjalani pemeriksaan hari ini untuk menjaga kesehatan. Bahkan pengurus KONI juga ikut diperiksa.

“Sebelumnya juga sudah dilakukan para cabor di Puskesmas. Hari ini kita laksanakan menyeluruh pengurus KONI dan official, pelatih sampai ke atletnya itu kita lakukan semua tes kesehatannya,” terang Amin.

Menurut Amin pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik para atlet, apakah fit dan bisa terus melanjutkan ke pertandingan atau tidak. Namun KONI akan tetap berupaya agar atlet – atlet Bangka Barat bisa berlaga di ajang Porprov dalam kondisi prima.

“Alhamdulillah selama ini masalah kesehatan atlit itu baik semua ya, ya yang namanya capek itu pasti karena namanya latihan kan tiap hari apalagi di TC terpusat ini benar – benar tiap hari atlit melakukan kegiatan. Makanya kita lakukan suntik vitamin,” kata Amin.

Untuk menjaga kondisi mereka agar tidak kelelahan setelah TC terpusat, menurut Amin tentu akan dilakukan penyegaran selama beberapa hari jelang pertandingan nanti.

“Jelas ada penyegaran ya satu dua hari lah kita penyegarannya dan alhamdulillah nanti tanggal 10 Agutus Insya Allah Pak Bupati Bangka Barat akan melepas kontingen ini sekaligus pengukuhan atlet Kabupaten Bangka Barat,” tutup Amin. ( SK )

READ  Atlet Jebolan Porprov Harus Dikawal hingga ke Level Atas