HEADLINEPEMPROV BABEL

Jelang Opening Porprov VI, Pemda dan Polres Gelar Apel Kesiapan Personel

×

Jelang Opening Porprov VI, Pemda dan Polres Gelar Apel Kesiapan Personel

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bersama Polres dan pihak terkait lainnya menggelar Apel Pengecekan Kesiapan Personel Pengamanan Porprov VI Bangka Belitung, di Sport Centre Sejiran Setason, Desa Air Limau, Kecamatan Mentok, Jum’at ( 18/8/2023 ).

Setelah itu dilanjutkan dengan Tactical Floor Game ( TFG ) skema pengamanan opening ceremony Porprov VI tanggal 22 Agustus 2023.

Menurut Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah, secara umum jumlah personel serta sarana dan prasarana yang akan digerakkan sudah sangat memadai, guna mengantisipasi keamanan dan kelancaran kegiatan Porprov VI Babel, dimana Bangka Barat sebagai tuan rumah.

” Ini melibatkan teman-teman TNI, Kodim, Kompi, Lanal, Dishub, Pol PP, BPBD, Damkar, Dinas Kesehatan semua tadi sudah tergelar dengan baik, sudah kita cek berkaitan dengan jumlah personel, sarana dan prasarana yang akan diturunkan pada perhelatan kegiatan Porprov ini,” jelas Ade Zamrah.

Selanjutnya dalam TFG, ada beberapa masukan dari Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming berkaitan dengan kesiapan kantong-kantong parkir serta masih ada sarana jalan yang belum memiliki marka berpotensi memicu laka lantas. Sebab kata Ade jumlah masyarakat yang akan menyaksikan pembukaan Porprov diperkirakan akan meningkat dibandingkan hari biasa.

“Ini juga kita antisipasi berkoordinasi dengan instansi terkait segera akan dieksekusi.Kita mempertimbangkan jumlah masyarakat yang akan hadir dikaitkan dengan kapasitas Stadion dan tempat masyarakat menyaksikan pembukaan,” jelas Ade.

Karena itu pihaknya melakukan beberapa perubahan skema pengamanan, antara lain menambah pintu masuk ke Stadion untuk menghindari kejadian – kejadian yang tidak diharapkan.

“Kita akan menambahkan pintu masuk ke Stadion sehingga diharapkan dalam kegiatan itu bisa nyaman, aman dan terhindar dari gangguan-gangguan, apakah itu nanti penumpukan massa, kemacetan, bentrok atau kepadatan lalu lintas,” sambungnya.

Hal penting lainnya saat pembukaan Porprov yang perlu diantisipasi adalah arus lalu lintas Pangkalpinang – Mentok atau sebaliknya yang berdekatan dengan Sport Centre. Ade mengatakan pihaknya tidak melakukan rekayasa jalan karena tidak ada jalur alternatif yang bisa digunakan.

“Kita pada hari pembukaan itu menambahkan personel untuk melakukan pengaturan, karena kalau kita rekayasa kita tidak punya jalur alternatif. Jadi tetap jalur yang sama Mentok – Pangkalpinang atau sebaliknya, cuma kita akan menambahkan personel,” terangnya.

Ade menambahkan, jumlah personel yang akan diturunkan sebanyak 200 orang, ditambah dengan 100 personel Brimob sehingga menjadi 300 yang akan dikonsentrasikan di area Stadion. Di samping itu personel lainnya akan disebar di venue – venue pertandingan.

“Jadi totalnya itu ada sekitar 461 personel yang kita libatkan untuk pengamanan Poprov ini,” tutup Ade Zamrah. ( SK )

READ  Atlet Jebolan Porprov Harus Dikawal hingga ke Level Atas