HEADLINE

Ini Beberapa Kelebihan Universitas Terbuka

×

Ini Beberapa Kelebihan Universitas Terbuka

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Manajer Bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar dari Universitas Terbuka ( UT ), Yusuf, S.E., M.M mengatakan, menimba ilmu di UT memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan kuliah konvensional.

Selain perguruan tinggi negeri, biaya kuliah di Universitas Terbuka lebih murah dan terjangkau dan mahasiswa lebih fleksibel memilih mata kuliah sesuai dengan waktu yang ia miliki.

“Memiliki fleksibilitas mahasiswa di dalam menentukan mata kuliah yang ingin dia ambil, sehingga mahasiswa bisa menentukan mata kuliah apa yang relevan atau mata kuliah apa yang cocok, disesuaikan dengan kesempatan waktunya belajar. Karena tidak semua orang mampu mengambil mata kuliah banyak dalam satu semester,” jelas Yusuf saat talkshow di Radio Duta 94,6 fm di Jalan Menara Air, Kecamatan Muntok, Jum’at ( 3/2/23 ) malam.

“Apalagi mahasiswa itu mayoritas pekerja, kalau dia membutuhkan mata kuliah banyak tentu butuh waktu yang banyak pula. Jadi pola-pola fleksibilitas waktu registrasi mata kuliahnya dan tentang pembelajarannya,” sambungnya.

Kelebihan lainnya, mahasiswa tidak perlu mengunjungi kampus setiap hari. Mereka bisa belajar di rumah memanfaatkan sarana zoom dan fasilitas internet sudah bisa mengikuti perkuliahan.

“Jadi di sini istilahnya UT tanpa ngekos kuliah jos,” cetus Yusuf.

Durasi pendidikan pun standar, 4 tahun untuk 8 semester sesuai kurikulum. Hal itu menurut dia tentunya disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikannya. Waktu 4 tahun itupun bisa molor karena mahasiswa bebas mendaftar mata kuliah yang akan dia ambil. UT juga tidak mengenal istilah drop out.

“Tapi apa mau begitu? karena pada dasarnya semakin cepat kita meraih sarjana semakin cepat juga kesuksesan akan kita raih,” ujar dia.

Dikatakan Yusuf, sekarang ini peminat UT sudah cukup banyak. Tahun 2022 lalu jumlah mahasiswa baru mereka sebanyak 2.000 orang. Tahun ini pihaknya pasang target lebih dari angka tersebut. Sedangkan jumlah total mahasiswa aktif saat ini sebanyak 7.200 orang se – Bangka Belitung.

Dia menambahkan, tahun ini pendaftaran mahasiswa baru di UT akan ditutup tanggal 7 Februari 2023.

“Kita tutup pendaftaran mahasiswa baru tanggal 7 Februari 2023. Namun secara update informasi apakah ada perpanjangan dan open pendaftaran lagi itu bisa dilihat di media sosial UT Pangkalpinang. Jadi tanggal 7 Februari kita close untuk selanjutnya saksikan di media sosial UT Pangkalpinang,” ujar Yusuf. ( SK )

READ  Pengurus KONI Bangka Barat Periode 2024-2028 Dilantik