HEADLINE

Ini 7 Tips Mudik Nataru Aman dari Kapolres Bangka Barat

×

Ini 7 Tips Mudik Nataru Aman dari Kapolres Bangka Barat

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dimanfaatkan masyarakat untuk mudik pulang ke kampung halaman. Agar mudik berjalan aman dan sehat, Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo membagikan beberapa tips.

“Kalau pemudik melakukan hal itu maka warga yang pulang ke kampung halamannya bisa dalam kondisi tenang dan bahagia,” ujar Catur, Minggu ( 25/12/2022 ).

Tips pertama dari Kapolres, sebelum mudik pastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan terkunci.

Kedua, infokan kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik.

“Ketiga, dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didatakan.
Keempat, apabila menggunaan kendaraan pribadi harus dicek semua kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan di jalan,” katanya.

Tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

“Dan keenam, untuk memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap Covid-19 saat mudik, warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster. Bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di pelabuhan – pelabuhan,” ucap Catur.

Tips terakhir dari Kapolres, tetap disipilin prokes dalam berkegiatan agar terwujud mudik aman, sehat dan bahagia.

Catur mengatakan, dalam hal pengamanan Nataru, pihaknya akan fokus pada enam point untuk menjaga situasi akhir tahun tetap kondusif.

Keenam point yang menjadi perhatian yakni pengamanan arus mudik atau arus balik, gereja, masjid, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan pengamanan tempat keramaian seperti pelabuhan.

Dalam menjaga situasi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, seluruh personel akan disebar untuk menjaga situasi Kamtibmas dan melakukan patroli secara rutin.

Hal itu dilakukan guna mencegah aksi teror yang beberapa waktu lalu terjadi di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung. Untuk itu, ia pun akan menginstruksikan seluruh personel agar selalu waspada dengan situasi yang ada.

Menurut Catur perayaan libur akhir tahun kali ini akan lebih ramai dibandingkan tahun lalu. Sebab, kondisi pandemi Covid-19 yang sudah melandai membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih aktif.

“Untuk itu kami harus lebih siaga dengan memperkuat sinergitas antar instansi agar perayaan Natal dan Tahun Baru ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tandas dia.

Polres Bangka Barat juga telah mendirikan empat Pos Pam dan Pelayanan di Kabupaten Bangka Barat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Nataru. ( SK )

READ  Jaksa Masuk Sekolah Kejari Basel, Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman