HEADLINE

Disdukcapil Basel Kenalkan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital

×

Disdukcapil Basel Kenalkan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangka Selatan, saat ini mulai memperkenalkan aplikasi identitas kependudukan digital kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk menghadapi tantangan kemajuan zaman di era digital.

Kepala Disdukcapil Bangka Selatan, Benny Supratama mengatakan, aplikasi Digital ID atau aplikasi identitas kependudukan digital tersebut telah disiapkan oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Jadi kita telah melakukan beberapa uji coba termasuk di ASN lingkungan Pemkab Bangka Selatan,” kata Benny, Senin (9/1/23).

Aplikasi Digital ID adalah aplikasi mobile yang terpasang pada smartphone yang berfungsi sebagai sarana untuk menyimpan dan menampilkan dokumen berbentuk digital dari kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

“Dengan aplikasi KK dan KTP dapat diakses kapanpun dan di manapun selama ada koneksi internet,” jelasnya.

Benny menambahkan, pada aplikasi identitas kependudukan digital ini terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh masyarakat. Di bagian tengah terdapat enam menu yaitu data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, histori aktivitas, ubah PIN atau kata kunci.

“Sudah ada berbagai kartu indentitas yang sering dibutuhkan seperti KTP, KK, NPWP, kartu BPJS, dan lain-lain jadi ngak perlu ribet membawa semua,” pungkasnya. (Suf)

READ  Bong Ming Ming Ingin Pemda Babar Kelola Pelabuhan Tanjung Ular