DPRDHEADLINE

Di Usia ke – 20, Pengelolaan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Harus Inovatif

×

Di Usia ke – 20, Pengelolaan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Harus Inovatif

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Kabupaten Bangka Barat telah memasuki usia ke – 20 tahun yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2023. DPRD menggelar Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Bumi Sejiran Setason di Gedung Mahligai Betason 2, Kantor DPRD Bangka Barat di Kecamatan Mentok, Rabu ( 24/5/23 ).

Seperti tahun – tahun sebelumnya, para hadirin yang hadir mengenakan pakaian adat melayu. Selain Ketua DPRD Marudur Saragih dan segenap anggota dewan, Bupati H. Sukirman, Wabup Bong Ming Ming dan jajaran, hadir pula Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Bangka Belitung Yunan Helmi dan anggota presidium pembentukan Kabupaten Bangka Barat.

Marudur Saragih saat memimpin rapat mengajak merenungi masa 20 tahun perjalanan pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat, tentu telah banyak kemajuan yang dirasakan, walaupun memang masih banyak pula kondisi dan permasalahan yang muncul dan secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap dinamika kehidupan masyarakat.

“Berbagai peluang dan tantangan serta kondisi internal maupun eksternal tentu menuntut sistem pengelolaan pemerintahan yang responsif, inovatif dan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan berbagai potensi dan keunggulan daerah, yang esensinya mendorong berkembangnya pembangunan daerah sesuai dengan kondisi sosial maupun aspirasi dan potensi masyarakat,” kata Marudur.

Marudur mengatakan di masa selanjutnya pembangunan Kabupaten Bangka Barat harus lebih baik lagi demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Pemerintah kabupaten maupun DPRD sebagai pemenang amanah rakyat tegas Marudur harus bekerja dengan konsisten dalam mengejar target pembangunan daerah, sesuai tema HUT Kabupaten Bangka Barat ke 20 “Dengan Kebersamaan Kita Wujudkan Bangka Barat Maju Sejahtera dan Bermartabat”

“Tema tersebut mendorong kita semua untuk bekerja sama melaksanakan pembangunan di segala bidang seperti para pendahulu sesuai dengan tugas dan kewenangan serta kemampuan guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang maju, sejahtera dan bermartabat,” kata Marudur.

Sementara itu Wabup Bong Ming Ming yang menyampaikan sambutan mewakili Bupati H. Sukirman mengatakan, usia 20 tahun Kabupaten Bangka Barat adalah perjalanan yang cukup panjang dan bukan hal yang singkat dan mudah.

Di awal masa kepemimpinan Sukirman dan Bong Ming, pasangan “Bersanding” ini terbentur dengan banyak masalah, salah satunya pandemi Covid – 19.

“Kita mengalami pemangkasan anggaran dari pusat, transfer anggaran yang berkurang sehampir 200 miliar hal ini bukanlah hal yang mudah dalam menghadapinya,” kata Bong Ming Ming.

Namun berkat dukungan DPRD Bangka Barat dan doa masyarakat kata Wabup, salah satu program pemerintah daerah yakni berobat gratis dapat direalisasikan.

Bong Ming Ming mengakui saat ini masih banyak hal – hal yang belum difasilitasi, seperti perbaikan jalan dan lain – lain karena keterbatasan anggaran yang masih dihantui defisit.

“Namun bukan berarti berarti kita berhenti untuk membangun daerah yang kita cintai ini. Alhamdulillah kerja sama dengan DPRD selama dua tahun terakhir ini kita masih bisa melakukan banyak hal di tengah keterbatasan anggaran,” kata Bong Ming Ming.

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Bangka Belitung Yunan Helmi membacakan sambutan Pj. Gubernur Babel mengatakan, Kabupaten Bangka Barat diusianya yang ke-20 tahun telah mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang, diantaranya peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan fasilitas masyarakat lainnya.

“Saya yakin dengan dukungan seluruh komponen masyarakat dengan asas kebersamaan dan sinergisitas, pembangunan akan terus berjalan dengan lancar,” ucap Yunan.

Pj Gubernur berharap agar semua elemen penyelenggara pemerintahan selalu belajar dan mempersiapkan diri untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan skala besar bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat.

“Dengan perencanaan pembangunan secara komprehensif dan memiliki kurikulum tahapan pembangunan, dengan senantiasa membangun komitmen tinggi dalam mencapai target yang telah ditetapkan secara bermutu dan akuntabel,” cetus dia. ( SK )

READ  Pekerja Tambang Ditemukan Tim Gabungan Sudah Tak Bernyawa