HEADLINEHUKRIM

2 dari 5 Kawanan Pencuri Diganjar Timah Panas

×

2 dari 5 Kawanan Pencuri Diganjar Timah Panas

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Lima orang kawanan pencurian dengan pemberatan ( curat ) berhasil dibekuk Tim Opsnal Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung, Rabu (9/5/23) malam.

Kelima pelaku yang dibekuk yakni He alias Culew (34), MF alias Farhan (21), BY alias Olan (25), MI alias Isnen (24) dan PP alias Pandu (32).

Kabid Humas Polda Bangka Belitung AKBP Jojo Sutarjo mengatakan,.kelima pelaku itu diamankan di dua lokasi berbeda, yakni di Kelurahan Semabung Lama dan di Kelurahan Sinar Bulan Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

“Mereka ini merupakan kawanan pencurian dengan pemberatan yang terjadi di sebuah rumah di Jalan Pulau Pelepas Desa Padang Baru Kecamatan Pangkalan Baru Bangka Tengah,” kata Jojo, Kamis (11/5/23) siang.

Jojo mengungkapkan dari kelima pelaku yang diamankan, dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan oleh Tim Jatanras Polda Bangka Belitung dengan timah panas karena berupaya melawan petugas.

“Untuk pelaku Culew dan Farhan ini terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur karena berusaha melawan dan kabur dari petugas saat diamankan. Keduanya juga merupakan residivis dengan kasus yang sama,”ungkap Jojo.

Lebih lanjut, Jojo menerangkan, kelima pelaku ini juga melakukan pencurian dengan pemberatan di beberapa lokasi di Pangkalpinang dan Bangka Tengah.

Adapun lokasi pencurian yang dilakukan yakni dua kali dilakukan di Jalan Manunggal Desa Beluluk Pangkalan Baru Bangka Tengah dan satu lokasi di sebuah Warung Ayam Geprek Kabita Jalan Komplek Perkantoran Gubernur Kelurahan Air Itam Pangkalpinang.

Selain mengamankan kelima pelaku, Tim Jatanras turut mengamankan barang bukti yakni 1 unit kulkas dua pintu, 1 HP Samsung warna putih, 1 pasang sepatu merk Fladeo, 1 unit sepeda motor Supra Fit warna hitam serta cincin batu akik.

“Untuk pelaku Isnen dan Pandu berikut barang bukti 1 unit Kulkas merk Panasonic, 1 unit mesin cuci merk Sharp dan 1 buah kipas angin dilimpahkan ke Polsek Pangkalan Baru. Sementara untuk tiga pelaku lainnya dibawa ke Polda guna proses penyidikan,”terang Jojo.

Terkait kejadian ini, Jojo menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap aksi pencurian yang menyasar rumah kosong.

Ia meminta masyarakat agar menjadi polisi bagi dirinya baik di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

“Kita selalu himbau masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungannya, jangan sampai menjadi korban pencurian. Kita juga minta, agar jika mengetahui hal-hal yang mencurigakan segera lapor ke pihak berwajib sehingga ini bisa segera ditindaklanjuti,”pesan Jojo. ( Red )


Sumber: Bidang Humas Polda Bangka Belitung.

READ  Ini Pesan Sekda Babar Saat Buka Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan